Kilas Balik Usaba Kaja 2008

candi-sore

Om Swasti Astu…,

Sebagaimana kami kutip dari situs : Karangasem Bangkit yang kami tampilkan kembali di media IWB Denpasar ini ; Sebagai salah satu desa tertua di Karangasem, Desa Adat Bugbug yang termasuk wilayah Kecamatan Karangasem punya sebuah tradisi unik. Jika desa-desa lain umumnya di Bali menggelar upacara ngenteg linggih selama satu sampai dua bulan, di Desa Adat Bugbug kegiatan seperti ini berlangsung selama delapan bulan.
Salah seorang prajuru setempat mengatakan upacara ini dikenal sebagai karya tawur agung tabuh gentuh, ngenteg linggih, mapadudusan agung, labuh gentuh lan usaba kaja. Rangkaian upacara dimulai sejak Januari 3 2008, yang teridiri dari acara mendak bagia pulakerti dan panyegjeg jagat dari Pura Dalem ke Pura Bale Agung, yang bertepatan dengan hari raya Kuningan. Rangkaian acara ini berakhir setelah rangkaian upacara usaba kaja pada bulan Agustus 2008. Usaba kaja merupakan upacara terbesar karena baru bisa digelar tiap 100 tahun sekali. Namun sebelum menginjak acara puncak yang dilaksanakan di Pura Puseh, rangkaian upacara berupa upacara labuh gentuh yang dipusatkan di Pura Bale Agung dan segara pada Februari 5, 2008 lalu. Upacara tersebut menggunakan sejumlah hewan sebagai banten caru di antaranya petu (kera), menjangan, kerbau, kambing, anjing, musang, angsa, bebek dan ayam. Upacara mendak bagia pulakerti dipimpin Ida Pedanda Gede Jelantik Karang dari Geria Karang Budakeling Bebandem, sedangkan untuk upacara mapapada dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Mas dari Geria Dauh Budakeling. Rangkaian upacara labuh gentuh ini diakhiri dengan Nyepi adat pada tangga; 7 Februari, 2008.

Sebelum puncak acara pada bulan Agustus 2008, pada bulan Maret masyarakat desa Adat Bugbug juga menggelar upacara pemlaspasan pelinggih pada sejumlah pura. Upacara Usaba Kaja hampir sama dengan upacara yang dilaksanakan di Pura Bale Agung, hanya saja jauh lebih besar karena akan diikuti dengan nedunang sesuhunan Desa Datah, Abang. Setelah Puncak acara tersebut, masih ada satu rangkaian upacara yang digelar pada bulan Oktober 2008. Yakni upacara Ngusaba Gumang.

Om Santhi, Santhi, Santhi, Om

I Wayan Ardika

%d blogger menyukai ini: